28.6 C
Gombak
Friday, July 23, 2021

Ada Corona Varian Kappa di Jakarta, Mudah Menular Mirip Delta

Must read

Jakarta, CNN IndonesiaEpidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menjelaskan varian virus corona (Covid-19) bernama Kappa yang sudah ditemukan di wilayah DKI Jakarta berasal dari strain yang sama dengan varian Delta, berkode B.617.

Berbeda dengan Delta, Kappa tak masuk dalam Variant of Concern (VOC) atau varian yang menjadi perhatian Badan Kesehatan Dunia (WHO). Kappa masih dikelompokkan Variants of Interest dan pertama ditemukan di India pada April lalu.

“Kappa ini adalah turunan B.1.617.1, saat ini masih dianggap sebagai VoI. Nah, oleh WHO sejak April tahun ini,” kata dia kepada CNNIndonesia.com, Rabu (30/6).

Sejak ditemukan April lalu, tingkat penyebaran corona varian Kappa, hampir serupa dengan Delta. Namun, dampak varian tersebut saat ini masih dalam proses penelitian.

Di Melbourne, Australia, ucap Dicky, Kappa dinilai lebih mudah menyebar dan menginfeksi. Dampak varian tersebut bahkan dianggap menyerupai campak, dan bisa masuk dalam tubuh manusia dengan hanya berpapasan.

“Itu Kappa varian. Kalau ini benar ditemukan di Jakarta, ya ini berita yang tidak menggembirakan. Karena di mana-mana di Jawa setidaknya sudah ada,” katanya.

Dicky mengingatkan pemerintah, agar merespons temuan varian tersebut dengan serius. Menurut dia, pemerintah tidak bisa hanya fokus pada model penerapan PPKM Darurat, namun hal itu harus dicerminkan dalam penerapan di lapangan.

Related Articles

Video
YouTube